PENINGKATAN PEMAHAMAN SIFAT BENDA ISOLATOR DAN KONDUKTOR MELALUI METODE PERCOBAAN PADA SISWA KELAS VI SD

BAB I
PENDAHULUAN
1.1    Latar Belakang
            Pelaksanaan Pembelajaran IPA di kelas VI SDN 3 Beureunuen, selama ini belum berjalan secara maksimal. Ini dibuktikan melalui hasil Open Class Semester II tahun 2010 / 2011. Dari 20 orang siswa kelas VI SDN 3 Beureunuen. Hanya 50% murid yang menguasai materi yang diajarkan. Kondisi di atas diduga terjadi karena beberapa faktor yaitu :
1.      Metode yang digunakan oleh guru belum aktif .
2.      Media belajar yang tersedia di sekolah kurang memadai atau kurang dimanfaatkan.
3.      Sumber belajar materi ini masih terfokus pada buku paket.
4.      Alat evaluasi yang digunakan oleh guru belum mampu mengukur kompetensi yang diharapkan dimiliki oleh siswa.
5.      Guru kurang mengusai materi yang diajarkan.
6.      Murid tidak bersemangat dalam belajar.
Padahal penguasaan materi atau kompetensi yang di ajar dalam pembelajaran tersebut di SD merupakan salah satu hal yang penting. Penguasaan kompetensi tersebut dapat membantu murid untuk melaksankan ( hubungan dengan konsep learning to know, learning to do, learning to live together, dan learning to be ).

Salah satu usaha alternatif untuk memberbaiki kelemahan pembelajaran dan meningkatkan kebermaknaan pembelajaran bagi siswa, para ahli menawarkan media dan alat peraga yang lengkap.( model pembelajaran koperative,yaitu model pembelajaran yang menyenangkan ).

Komentar

Postingan populer dari blog ini

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN Sosiologi Kelas/semester: X/ 1

Contoh Skenario Pembelajaran Supervisi