PENINGKATAN PEMAHAMAN SIFAT BENDA ISOLATOR DAN KONDUKTOR MELALUI METODE PERCOBAAN PADA SISWA KELAS VI SD
BAB I
PENDAHULUAN
1.1
Latar
Belakang
Pelaksanaan Pembelajaran IPA di kelas
VI SDN 3 Beureunuen, selama ini belum berjalan secara maksimal. Ini dibuktikan
melalui hasil Open Class Semester II tahun 2010 / 2011. Dari 20 orang siswa
kelas VI SDN 3 Beureunuen. Hanya 50% murid yang menguasai materi yang
diajarkan. Kondisi di atas diduga terjadi karena beberapa faktor yaitu :
1. Metode
yang digunakan oleh guru belum aktif .
2. Media
belajar yang tersedia di sekolah kurang memadai atau kurang dimanfaatkan.
3. Sumber
belajar materi ini masih terfokus pada buku paket.
4. Alat
evaluasi yang digunakan oleh guru belum mampu mengukur kompetensi yang
diharapkan dimiliki oleh siswa.
5. Guru
kurang mengusai materi yang diajarkan.
6. Murid
tidak bersemangat dalam belajar.
Padahal
penguasaan materi atau kompetensi yang di ajar dalam pembelajaran tersebut di SD
merupakan salah satu hal yang penting. Penguasaan kompetensi tersebut dapat
membantu murid untuk melaksankan ( hubungan dengan konsep learning to know, learning
to do, learning to live together, dan learning to be ).
Salah
satu usaha alternatif untuk memberbaiki kelemahan pembelajaran dan meningkatkan
kebermaknaan pembelajaran bagi siswa, para ahli menawarkan media dan alat
peraga yang lengkap.( model pembelajaran koperative,yaitu model pembelajaran
yang menyenangkan ).
Komentar
Posting Komentar