Contoh PROGRAM KERJA_Job Description

TUGAS POKOK DAN FUNGSI STRUKTUR
MTSS KEUMALA

Struktur Organisasi Madrasah adalah merupakan salah satu penunjang utama dalam pelaksanaan proses belajar mengajar di madrasah. Oleh karena itu sangat diperlukan adanya tenaga tata usaha (Pelaksana) yang professional dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan.
MTsS KEUMALA dengan jumlah siswa 631 orang, merupakan salah satu madrasah besar di Kab. Pidie, memerlukan tenaga pelaksana yang potensial agar madrasah tersebut dapat dengan cepat meningkatkan prestasinya untuk mengejar ketertinggalan dari madrasah-madrasah lainnya.
Untuk meningkatkan tupoksi masing-masing, maka dibuatlah job description masing-masing dengan sistematika sebagai berikut:
I.                   Pendahuluan;
II.                Rincian Tugas;
III.             Penutup.
Semoga program kerja ini dapat dijadikan pedoman kerja bagi seluruh pelaksana tata usaha yang ada di MTsS KEUMALA.                                                                                   

BAB I
PENDAHULUAN

Bahwa sesungguhnya setiap Lembaga atau Instansi baik Instansi Pemerintah maupun swasta manapun untuk mewujudkan kinerja yang baik berdayaguna dan berhasilguna, sangat dibutuhkan program kerja yang terencana.
Program kerja yang baik adalah yang dapat menempatkan personilnya secara proporsional dan professional, trampil dan ahli di bidangnya masing-masing, sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya, bekerja berdasarkan aturan ketenagakerjaan, penuh dedikasi, mencintai pekerjaan dan memiliki pengabdian yang tinggi.

A. Maksud dan Tujuan
1.       Maksud pembuatan program kerja Tata Usaha MTsS KEUMALA ini adalah sebagai pedoman bagi seluruh guru/karyawan madrasah dalam rangka melaksanakan tugas sehari-hari sebagai penjabaran dari Undang-undang Nomor 43 Tahun 1999 tentang Pokok-pokok Kepegawaian; 
2.       Program kerja ini dibuat bertujuan agar semua yang mendapat tugas tambahan madrasah dalam melaksanakan pekerjaannya sesuai dengan ketentuan yang telah digariskan oleh Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 24 Tahun 2008 tentang Standar Tenaga Administrasi Madrasah/Madrasah.
B. Ruang Lingkup
     Ruang lingkup struktur organisasi Madrasah meliputi : 
1.       Kepala Madrasah
2.       Kepala Tata Usaha
3.       Staf Tata Usaha
4.       Bendahara
5.       Wakamad Bidang Sarana dan Prasarana
6.       Wakamad Bidang Hubungan Madrasah dengan Masyarakat
7.       Wakamad Bidang Kesiswaan
8.       Wakamad Bidang Kurikulum
9.       Petugas Layanan Khusus
a.        Penjaga Madrasah
b.        Tukang Kebun
c.        Tenaga Kebersihan
d.        Petugas Rumah tangga Madrasah dan Pesuruh
10.   Pelaksana Administrasi Perpustakaan

BAB II
RINCIAN TUGAS

A.   Kepala Tata Usaha
1.     Membantu merencanakan kebutuhan pegawai
2.     Menilai kinerja staf
3.     Membantu menyusun Rencana Pendapatan dan Belanja Anggaran Madrasah (RAPBS)
4.     Membantu menyusun laporan pertanggungjawaban keuangan madrasah
5.     Membantu menyusun rencana kebutuhan
6.     Membantu menyusun rencana pemanfaatan sarana operasional madrasah
7.     Membantu menyusun rencana perawatan
8.     Membantu kelancaran kegiatan komite madrasah
9.     Membantu merencanakan program keterlibatan pemangku kepentingan (stakeholders)
10.Membantu melaksanakan program kesekretariatan
11.Membantu mengkoordinasikan program Kebersihan, Kesehatan, Keindahan, Ketertiban, Keamanan, Kekeluargaan, dan Kerindangan (7K)
12.Menyusun laporan
13.Membantu penerimaan siswa baru
14.Membantu orientasi siswa baru
15.Membantu menyusun program pengembangan diri siswa
16.Membantu menyiapkan laporan kemajuan belajar siswa
17.Membantu menyiapkan administrasi pelaksanaan Standar lsi
18.Membantu menyiapkan administrasi pelaksanaan Standar proses
19.Membantu menyiapkan administrasi pelaksanaan Standar Kompetensi Lulusan
20.Membantu menyiapkan administrasi pelaksanaan Standar Penilaian Pendidikan
21.Mengkoordinasikan petugas layanan khusus: penjaga madrasah, tukang kebun tenaga kebersihan, pengemudi, dan pesuruh
22.Membantu mengkoordinasikan program layanan khusus antara lain Usaha Kesehatan Madrasah (UKS), layanan konseling, laboratorium dan perpustakaan
23.Memanfaatkan TIK untuk kelancaran pelaksanaan administrasi madrasah
24.Memanfaatkan TIK untuk  mendokumentasikan administrasi madrasah
25.Menyusun program dan laporan kerja
a.       Menentukan prioritas
b.      Melakukan penugasan
c.       Merumuskan tujuan
d.      Menetapkan sumber daya
e.       Menentukan strategi penyelesaian pekerjaan
f.       Menyusun laporan kerja

B.     Staf Tata Usaha
1.       Membantu merencanakan kebutuhan tenaga pendidik dan kependidikan
2.       Mengelola buku induk Pegawai
3.       Melaksanakan registrasi dan kearsipan
4.       Menyusun File data Pegawai yang berisi :
a.       SK Pengangkatan Pegawai ( PNS / Honorer / Kontrak )
b.      SK CPNS
c.       SK PNS
d.      SK Kenaikan Pangkat, dll
5.       Menyiapkan format- format kepegawaian
a.       DP3 / SKP
b.      DUK
c.       Kenaikan Gaji Berkala, dll
6.       Memproses kepangkatan, mutasi, dan promosi pegawai
7.       Menyusun laporan kepegawaian ( Membuat laporan jumlah Pegawai, kenaikan pangkat pegawai, kenaikan gaji berkala pegawai dll.)
8.       Menyusun dan menyajikan data/statistik kepegawaian
9.       Membuat layanan system informasi dan pelaporan kepegawaian
10.   Memanfaatkan TIK untuk mengadministrasikan kepegawaian
11.   Menerapkan peraturan kesekretariatan
12.   Melaksanakan program kesekretariatan
13.   Mengelola surat masuk dan keluar:
14.   Membuat konsep surat ( Membuat surat sesuai dengan buku agenda surat )
15.   Melakasanakan kearsipan madrasah ( Memasukan surat / menyusun surat sesuai dengan kode atau jenis surat )
16.   Menyusutkan surat / dokumen
17.   Menyusun laporan administrasi persuratan dan pengarsipan ( membuat laporan jumlah pemasukan dan pengeluaran surat per semester )
18.   Membuat layanan sistem informasi dan pelaporan administrasi persuratan dan pengarsipan
19.   Memanfaatkan TIK untuk mengadministrasikan persuratan dan pengarsipan
 C.    Bendahara
1.      Membantu menghitung biaya investasi, biaya operasi, dan biaya personal
2.      Membantu pimpinan mengatur arus dana
( Membuat daftar / Slip Gaji untuk semua pegawai, dll )
3.      Menyusun dan menyajikan data/statistik keuangan
4.      Membuat layanan system informasi dan pelaporan keuangan
5.      Memanfaatkan TIK untuk mengadministrasikan keuangan

D.    Wakamad Bidang  Sarana dan Prasarana
1.      Mengidentifikasi / mendata kebutuhan sarana dan prasarana madrasah
2.      Membantu merencanakan kebutuhan sarana dan prasarana
3.      Mengadakan sarana dan prasarana
4.      Menginventarisasikan sarana dan prasarana :
a.       Mendata / mencatat jumlah sarana dan prasarana yang ada di tiap ruang
b.      Membuat kartu iventaris ruang (KIR) dan Kartu iventaris barang (KIB)
5.      Mendistribusikan sarana dan prasarana
a.       Membagikan sarana dan prasarana sesuai dengan peruntukannya
b.      Membuat kartu kendali pengeluaran / peminjaman barang
6.      Memelihara sarana dan prasarana (Mendata / mencatat kondisi sarana dan prasarana yang ada di tiap ruang)
7.      Melaksanakan penghapusan sarana dan prasarana ( Membuat berita acara penghapusan sarana dan prasaran yang sudah tidak layak pakai )
8.      Menyusun laporan sarana dan prasarana secara berkala yang berisi :
a.       Jumlah Sarpras
b.      Keadaan Sarpras
c.       Distribusi Sarpras
d.      Usulan Sarpras
e.       Penghapusan Sarpras
9.      Menyusun dan menyajikan data/statistik sarana dan prasarana
10.  Membuat layanan system informasi dan pelaporan sarana dan prasarana
11.  Memanfaatkan TIK untuk mengadministrasikan sarana dan prasarana

E Wakamad Bidang  Hubungan Madrasah dengan Masyarakat
 1.      Memfasilitasi kelancaran kegiatan komite madrasah
2.      Membantu merencanakan program keterlibatan pemangku kepentingan (stakeholders)
3.      Membina kerja sama dengan pemerintah dan lembaga-lembaga masyarakat
4.      Mengkoordinasikan penelusuran tamatan (Mendata semua lulusan SMPN 8 depok yang melanjutkan ke tingkat pendidikan yang lebih tinggi maupun yang putus madrasah)
5.      Melayani tamu madrasah (Menerima tamu madrasah dan menghubungkannya kepada urusan / bagian yang dikehendaki)
6.      Membuat layanan system informasi dan pelaporan hubungan madrasah dengan masyarakat
7.      Memanfaatkan TIK untuk mengadministrasikan hubungan madrasah dengan masyarakat

F.    Wakamad Bidang  Kesiswaan
1.      Membantu kegiatan penerimaan peserta didik baru
2.      Membantu kegiatan masa orientasi
3.      Membantu mengatur rasio peserta didik per kelas
4.      Membuat Buku Induk Siswa
5.      Mendokumentasikan prestasi akademik dan nonakademik
6.      Membuat data statistik peserta didik
7.      Menginventarisir program kerja pembinaan peserta didik secara berkala
8.      Mendokumentasikan program kerja kesiswaan
9.      Mendokumentasikan program pengembangan diri
10.  Membuat layanan system informasi dan pelaporan administrasi kesiswaan
11.  Memanfaatkan TIK untuk mengadministrasikan urusan kesiswaan

G.    Wakamad Bidang  Kurikulum
 1.      Mendokumentasikan standar isi
2.      Mendokumentasikan kurikulum yang berlaku

3.      Mendokumentasikan silabus

Komentar

Postingan populer dari blog ini

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN Sosiologi Kelas/semester: X/ 1

PENINGKATAN PEMAHAMAN SIFAT BENDA ISOLATOR DAN KONDUKTOR MELALUI METODE PERCOBAAN PADA SISWA KELAS VI SD