Contoh PROGRAM KERJA_Job Description
TUGAS POKOK
DAN FUNGSI STRUKTUR
MTSS KEUMALA
Struktur Organisasi Madrasah adalah merupakan salah satu
penunjang utama dalam pelaksanaan proses belajar mengajar di madrasah. Oleh
karena itu sangat diperlukan adanya tenaga tata usaha (Pelaksana) yang professional
dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan.
MTsS KEUMALA dengan jumlah siswa 631 orang, merupakan salah
satu madrasah besar di Kab. Pidie, memerlukan tenaga pelaksana yang potensial
agar madrasah tersebut dapat dengan cepat meningkatkan prestasinya untuk
mengejar ketertinggalan dari madrasah-madrasah lainnya.
Untuk meningkatkan tupoksi masing-masing, maka dibuatlah
job description masing-masing dengan sistematika sebagai berikut:
I.
Pendahuluan;
II.
Rincian
Tugas;
III.
Penutup.
Semoga
program kerja ini dapat dijadikan pedoman kerja bagi seluruh pelaksana tata
usaha yang ada di MTsS KEUMALA.
BAB I
PENDAHULUAN
Bahwa sesungguhnya setiap Lembaga atau Instansi baik
Instansi Pemerintah maupun swasta manapun untuk mewujudkan kinerja yang baik
berdayaguna dan berhasilguna, sangat dibutuhkan program kerja yang terencana.
Program kerja yang baik adalah yang dapat menempatkan
personilnya secara proporsional dan professional, trampil dan ahli di bidangnya
masing-masing, sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya, bekerja berdasarkan
aturan ketenagakerjaan, penuh dedikasi, mencintai pekerjaan dan memiliki
pengabdian yang tinggi.
A. Maksud dan Tujuan
1.
Maksud pembuatan program kerja Tata Usaha MTsS KEUMALA ini
adalah sebagai pedoman bagi seluruh guru/karyawan madrasah dalam rangka
melaksanakan tugas sehari-hari sebagai penjabaran dari Undang-undang Nomor 43
Tahun 1999 tentang Pokok-pokok Kepegawaian;
2.
Program kerja ini dibuat bertujuan agar semua yang mendapat
tugas tambahan madrasah dalam melaksanakan pekerjaannya sesuai dengan ketentuan
yang telah digariskan oleh Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 24 Tahun
2008 tentang Standar Tenaga Administrasi Madrasah/Madrasah.
B. Ruang Lingkup
Ruang lingkup struktur organisasi Madrasah
meliputi :
1.
Kepala Madrasah
2.
Kepala Tata Usaha
3.
Staf Tata Usaha
4.
Bendahara
5.
Wakamad Bidang Sarana dan Prasarana
6.
Wakamad Bidang Hubungan Madrasah dengan Masyarakat
7.
Wakamad Bidang Kesiswaan
8.
Wakamad Bidang Kurikulum
9.
Petugas Layanan Khusus
a.
Penjaga Madrasah
b.
Tukang Kebun
c.
Tenaga Kebersihan
d.
Petugas Rumah tangga Madrasah dan Pesuruh
10.
Pelaksana Administrasi Perpustakaan
BAB II
RINCIAN TUGAS
A. Kepala Tata
Usaha
1.
Membantu merencanakan
kebutuhan pegawai
2.
Menilai kinerja staf
3.
Membantu menyusun
Rencana Pendapatan dan Belanja Anggaran Madrasah (RAPBS)
4.
Membantu menyusun
laporan pertanggungjawaban keuangan madrasah
5.
Membantu menyusun
rencana kebutuhan
6.
Membantu menyusun
rencana pemanfaatan sarana operasional madrasah
7.
Membantu menyusun
rencana perawatan
8.
Membantu kelancaran
kegiatan komite madrasah
9.
Membantu merencanakan
program keterlibatan pemangku kepentingan (stakeholders)
10.Membantu melaksanakan program kesekretariatan
11.Membantu mengkoordinasikan program Kebersihan, Kesehatan, Keindahan,
Ketertiban, Keamanan, Kekeluargaan, dan Kerindangan (7K)
12.Menyusun laporan
13.Membantu penerimaan siswa baru
14.Membantu orientasi siswa baru
15.Membantu menyusun program pengembangan diri siswa
16.Membantu menyiapkan laporan kemajuan belajar siswa
17.Membantu menyiapkan administrasi pelaksanaan Standar lsi
18.Membantu menyiapkan administrasi pelaksanaan Standar proses
19.Membantu menyiapkan administrasi pelaksanaan Standar Kompetensi Lulusan
20.Membantu menyiapkan administrasi pelaksanaan Standar Penilaian
Pendidikan
21.Mengkoordinasikan petugas layanan khusus: penjaga madrasah, tukang kebun
tenaga kebersihan, pengemudi, dan pesuruh
22.Membantu mengkoordinasikan program layanan khusus antara lain Usaha Kesehatan
Madrasah (UKS), layanan konseling, laboratorium dan perpustakaan
23.Memanfaatkan TIK untuk
kelancaran pelaksanaan administrasi madrasah
24.Memanfaatkan TIK untuk mendokumentasikan administrasi madrasah
25.Menyusun program dan laporan kerja
a.
Menentukan prioritas
b. Melakukan penugasan
c.
Merumuskan tujuan
d. Menetapkan sumber daya
e.
Menentukan strategi
penyelesaian pekerjaan
f.
Menyusun laporan kerja
B.
Staf Tata Usaha
1.
Membantu merencanakan kebutuhan tenaga pendidik dan kependidikan
2.
Mengelola buku induk Pegawai
3.
Melaksanakan registrasi dan kearsipan
4.
Menyusun File data Pegawai yang berisi :
a.
SK Pengangkatan Pegawai
( PNS / Honorer / Kontrak )
b. SK CPNS
c.
SK PNS
d. SK Kenaikan Pangkat, dll
5.
Menyiapkan format- format kepegawaian
a.
DP3 / SKP
b. DUK
c.
Kenaikan Gaji Berkala,
dll
6.
Memproses kepangkatan, mutasi, dan promosi pegawai
7.
Menyusun laporan kepegawaian ( Membuat laporan jumlah Pegawai, kenaikan
pangkat pegawai, kenaikan gaji berkala pegawai dll.)
8.
Menyusun dan menyajikan data/statistik kepegawaian
9.
Membuat layanan system informasi dan pelaporan kepegawaian
10.
Memanfaatkan TIK untuk mengadministrasikan kepegawaian
11.
Menerapkan peraturan kesekretariatan
12.
Melaksanakan program kesekretariatan
13.
Mengelola surat masuk dan keluar:
14.
Membuat konsep surat ( Membuat surat sesuai dengan buku agenda surat )
15.
Melakasanakan kearsipan madrasah ( Memasukan surat / menyusun surat
sesuai dengan kode atau jenis surat )
16.
Menyusutkan surat / dokumen
17.
Menyusun laporan administrasi persuratan dan pengarsipan ( membuat
laporan jumlah pemasukan dan pengeluaran surat per semester )
18.
Membuat layanan sistem informasi dan pelaporan administrasi persuratan
dan pengarsipan
19.
Memanfaatkan TIK untuk mengadministrasikan persuratan dan pengarsipan
C. Bendahara
1. Membantu menghitung biaya investasi, biaya
operasi, dan biaya personal
2. Membantu pimpinan mengatur arus dana
( Membuat daftar / Slip Gaji untuk semua pegawai, dll )
3. Menyusun dan menyajikan data/statistik keuangan
4. Membuat layanan system informasi dan pelaporan
keuangan
5. Memanfaatkan TIK untuk mengadministrasikan
keuangan
D.
Wakamad Bidang Sarana dan Prasarana
1. Mengidentifikasi / mendata kebutuhan sarana dan
prasarana madrasah
2. Membantu merencanakan kebutuhan sarana dan
prasarana
3. Mengadakan sarana dan prasarana
4. Menginventarisasikan sarana dan prasarana :
a.
Mendata / mencatat
jumlah sarana dan prasarana yang ada di tiap ruang
b. Membuat kartu iventaris ruang (KIR) dan Kartu
iventaris barang (KIB)
5. Mendistribusikan sarana dan prasarana
a.
Membagikan sarana dan
prasarana sesuai dengan peruntukannya
b. Membuat kartu kendali pengeluaran / peminjaman
barang
6. Memelihara sarana dan prasarana (Mendata /
mencatat kondisi sarana dan prasarana yang ada di tiap ruang)
7. Melaksanakan penghapusan sarana dan prasarana (
Membuat berita acara penghapusan sarana dan prasaran yang sudah tidak layak
pakai )
8. Menyusun laporan sarana dan prasarana secara
berkala yang berisi :
a.
Jumlah Sarpras
b. Keadaan Sarpras
c.
Distribusi Sarpras
d. Usulan Sarpras
e.
Penghapusan Sarpras
9. Menyusun dan menyajikan data/statistik sarana
dan prasarana
10. Membuat layanan system informasi dan pelaporan
sarana dan prasarana
11. Memanfaatkan TIK untuk mengadministrasikan
sarana dan prasarana
E Wakamad Bidang Hubungan
Madrasah dengan Masyarakat
1. Memfasilitasi kelancaran kegiatan komite madrasah
2. Membantu merencanakan program keterlibatan
pemangku kepentingan (stakeholders)
3. Membina kerja sama dengan pemerintah dan
lembaga-lembaga masyarakat
4. Mengkoordinasikan penelusuran tamatan (Mendata
semua lulusan SMPN 8 depok yang melanjutkan ke tingkat pendidikan yang lebih
tinggi maupun yang putus madrasah)
5. Melayani tamu madrasah (Menerima tamu madrasah
dan menghubungkannya kepada urusan / bagian yang dikehendaki)
6. Membuat layanan system informasi dan pelaporan
hubungan madrasah dengan masyarakat
7. Memanfaatkan TIK untuk mengadministrasikan
hubungan madrasah dengan masyarakat
F.
Wakamad Bidang Kesiswaan
1. Membantu kegiatan penerimaan peserta didik baru
2. Membantu kegiatan masa orientasi
3. Membantu mengatur rasio peserta didik per kelas
4. Membuat Buku Induk Siswa
5. Mendokumentasikan prestasi akademik dan
nonakademik
6. Membuat data statistik peserta didik
7. Menginventarisir program kerja pembinaan peserta
didik secara berkala
8. Mendokumentasikan program kerja kesiswaan
9. Mendokumentasikan program pengembangan diri
10. Membuat layanan system informasi dan pelaporan
administrasi kesiswaan
11. Memanfaatkan TIK untuk mengadministrasikan
urusan kesiswaan
G.
Wakamad Bidang Kurikulum
1. Mendokumentasikan standar isi
2. Mendokumentasikan kurikulum yang berlaku
3. Mendokumentasikan silabus
Komentar
Posting Komentar