RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN Sosiologi Kelas/semester: X/ 1
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama sekolah : SMAN1 BANDAR BARU
Mata Pelajaran :
Sosiologi
Kelas/semester : X/ 1
Standar
Kompetensi : 1. Memahami
perilaku keteraturan hidup sesuai dengan nilai dan
norma yang berlaku dalam masyarakat.
Kompetensi
Dasar :
1. 1. Menjelaskan fungsi sosiologi
sebagai ilmu yang mengkaji
hubungan masyarakat dan lingkungan.
Indikator
Pencapaian Kompetensi:
·
Mendefinisikan
sosiologi sebagai ilmu dan metode
·
Mendeskpripsikan
hubungan berbagai konsep tentang realitas sosial.
·
Mengidentifikasi data tentang realitas
sosial masyarakat
Alokasi Waktu :
6 x 40 menit (2 X Pertemuan)
A.
Tujuan
Pembelajaran
Setelah proses pembelajaran, siswa
diharapkan dapat:
1.
menjelaskan dengan kata-kata
sendiri pengertian tentang sosiologi,
objek sosiologi dan tujuan sosiologi.
2.
menjelaskan sosiologi
sebagai sebuah ilmu pengetahuan
3.
mendeskrispsikan
sejarah perkembangan sosiologi.
4.
menjelaskan kedudukan
sosiologi di antara ilmu-ilmu lain
5.
mendeskripsikan peran
sosiolog dalam masyarakat.
Karakter siswa yang diharapkan :
§
Toleransi,
Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah Air,
Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif :
§
Kepemimpinan,
Percaya diri, Berorientasi Tugas dan Hasil, Jujur, Ulet.
B.
Materi
Pembelajaran
1. Hakikat
sosiologi
2. Sosiologi
sebagai ilmu pengetahuan
3. Sejarah
Perkembangan sosiologi dan kedudukan sosiologi di antara ilmu-ilmu lain
C.
Metode
Pembelajaran
- Informasi
- kerja mandiri
- eksplorasi
- Diskusi
Strategi
Pembelajaran
Tatap
Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
·
Menjelaskan fungsi
sosiologi sebagai ilmu yang mengkaji hubungan masyarakat dan lingkungan
|
·
Secara berkelompok
mendiskusikan konsep dasar dan metode sosiologi.
·
Secara berkelompok
mendiskusikan masalah yang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari tentang
hubungan berbagai konsep realitas sosial.
·
Secara individu
menggali informasi melalui media massa tentang realitas sosial masyarakat
|
·
Siswa dapat Mendefinisikan
sosiologi sebagai ilmu dan metode
·
Siswa dapat
Mendeskpripsikan hubungan berbagai konsep tentang realitas sosial.
·
Siswa dapat
Mengidentifikasi data tentang realitas sosial masyarakat.
|
D.
Langkah-Langkah
Pembelajaran
Pertemuan 1.
No.
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Alokasi Waktu
|
Keterangan
|
1.
|
Pendahuluan
b.
Apresepsi
Kelas dipersiapkan seperti
absensi, kebersihan kelas, dan ketenangan.
c.
Memotivasi
Siswa diberi penjelasan tentang
pokok bahasan, pengertian, contoh, pemahaman
materi yang akan dipelajari.
d.
Rambu-rambu belajar
Siswa mendengarkan penjelasan
guru tentang tujuan akhir dari pembelajaran materi pada hari itu.
|
10 menit
|
|
2.
|
Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang hakikat sosiologi, sosiologi
sebagai ilmu, sejarah perkembangan sosiologi. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,
Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah
Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
Siswa mengerjakan tugas ”Uji Penguasaan Materi” dalam
buku halaman 10, 12, dan 16. (nilai
yang ditanamkan: Toleransi, Demokratis, Rasa Ingin tahu,
Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social,
Tanggung Jawab.);
Siswa mengumpulkan hasil tugasnya untuk dinilai. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,
Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah
Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, Siswa:
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Toleransi,
Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat,);
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Cinta
Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
|
30 menit
|
|
3.
|
Kegiatan Akhir
Mengadakan post test. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,
Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah
Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Guru memberi tugas mengumpulkan artikel yang
berhubungan dengan masalah-masalah sosial yang terjadi dalam masyarakat. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,
Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah
Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
|
10 menit
|
|
Pertemuan II
No.
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Alokasi Waktu
|
Keterangan
|
1.
|
Pendahuluan
a.
Apresepsi
Mempersiapkan kelas untuk pembelajaran
(absensi,
kebersihan kelas, dan lain-lain)
b.
Memotivasi
Siswa menjawab beberapa pertanyaan tentang
masalah-masalah sosial yang dialaminya dalam masyarakat.
c.
Rambu-rambu belajar
Siswa mendengarkan informasi tentang
kompetensi yang akan dicapai.
|
10 menit
|
|
2.
|
Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang kedudukan sosiologi
di antara ilmu-ilmu lain dan peran sosiologi dalam realitas masyarakat. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,
Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah
Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
Siswa dan guru membuat bagan tentang hubungan
sosiologi. (nilai yang ditanamkan:
Toleransi,
Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah
Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Siswa menulis beberapa masalah sosial yang sering
terjadi dalam masyarakat. (nilai
yang ditanamkan: Toleransi, Demokratis, Rasa Ingin tahu,
Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social,
Tanggung Jawab.);
Siswa membentuk kelompok diskusi kemudian mendiskusikan
masalah sosial-masalah sosial yang terjadi dalam masyarakat. Masalah sosial
bisa diambil dari buku halaman 25 -26. (nilai
yang ditanamkan: Toleransi, Demokratis, Rasa Ingin tahu,
Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social,
Tanggung Jawab.);
Siswa membacakan hasil diskusi kelompoknya, kemudian
siswa lain menanyakan dan menyangga hasil diskusi kelompok. Guru bertindak
sebagai pemandu diskusi kelas. (nilai
yang ditanamkan: Toleransi, Demokratis, Rasa Ingin tahu,
Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social,
Tanggung Jawab.);
Siswa dan guru membuat kesimpulan atas diskusi
kelompok. (nilai yang ditanamkan:
Toleransi,
Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah
Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, Siswa:
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Toleransi,
Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat,);
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Cinta
Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
|
30 menit
|
|
3.
|
Kegiatan Akhir
a.
Refleksi
Guru memberi beberapa kesimpulan tentang kedudukan sosiologi dan perannya dalam masyarakat. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,
Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah
Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Siswa diberi tugas untuk mengerjakan soal-soal akhir
bab untuk ulangan blok. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,
Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah
Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
|
10 menit
|
|
Pertemuan 3
No.
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Alokasi Waktu
|
Keterangan
|
1.
|
Pendahuluan
a.
Apresepsi
Mempersiapkan kelas untuk
pembelajaran (absensi, kebersihan kelas, dan lain-lain)
b.
Memotivasi
Guru
memberitahu tentang tujuan ulangan blok dan memberi semangat pada siswa untuk
mengerjakan soal yang diberikan dengan penuh tanggung jawab.
|
10 menit
|
|
2.
|
Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
Siswa dibagikan soal yang telah dibuat oleh guru. Soal
berupa hasil pilihan ganda, uraian dan juga skala sikap. (nilai
yang ditanamkan: Toleransi, Demokratis, Rasa Ingin tahu,
Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social,
Tanggung Jawab.);
Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
Siswa mengerjakan soal-soal ulangan yang sudah
dibagikan. (nilai yang ditanamkan:
Toleransi,
Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah
Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Siswa mengumpulkan hasil pekerjaanny kepada gurunya
untuk diperiksa. (nilai yang
ditanamkan: Toleransi, Demokratis, Rasa Ingin tahu,
Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social,
Tanggung Jawab.);
Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, Siswa:
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Toleransi,
Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat,);
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Cinta
Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
|
30 menit
|
|
3.
|
Kegiatan Akhir
Guru dan siswa menjawab bersama soal-soal yang sudah
dijadikan bahan ulangan umum. (nilai
yang ditanamkan: Toleransi, Demokratis, Rasa Ingin tahu,
Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social,
Tanggung Jawab.);
Guru memberi
tugas kepada siswa untuk mempelajari bahan tentangn nilai dan norma
sosial. (nilai yang ditanamkan:
Toleransi,
Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah
Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
|
10 menit
|
|
E.
Sumber pembelajaran:
1.
Buku Sosiologi SMA kelas 1 ESIS halaman 2- 30.
2.
Masalah-masalah sosial
3.
Media massa seperti majalah, koran, dan
buku-buku tambahan.
F.
Media
1. Papan
tulis
2. Lembar
soal
3. Transparan
Konsep
4. Power
Point
5. OHP
G.
Penilaian
1. Mengerjakan
latihan Uji Penguasaan Materi halaman 10, 12, dan 16.
2. Mengidentifikasi
masalah sosial halaman 25.
3. Diskusi
kelompok dalam buku halaman 25-26.
Berikut ini format
penilaian diskusi kelompok.
No.
|
Nama
|
ASPEK
PENILAIAN
|
Total
nilai
|
Presentasi
|
||||
Sikap
|
Keaktifan
|
Wawasan
|
Kemampuan
mengemukakan pendapat
|
Kerja sama
|
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan: nilai maksimal 20
LEMBAR OBSERVASI DISKUSI KELOMPOK
No
|
Nama
Siswa
|
Aspek
yang Dinilai
|
Skor/
Jumlah
|
|||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Aspek yang dinilai:
- Kemampuan menyampaikan pendapat.
- Kemampuan memberikan argumentasi.
- Kemampuan memberikan kritik.
- Kemampuan mengajukan pertanyaan.
- Kemampuan menggunakan bahasa yang baik.
- Kelancaran berbicara.
Penskoran: Jumlah skor:
A. Tidak Baik Skor
1 24—30 = Sangat
Baik
B. Kurang Baik Skor
2 18—23 = Baik
C. Cukup Baik Skor 3 12—17 = Cukup
D. Baik Skor
4 6—11 = Kurang
E. Sangat Baik Skor 5
FORMAT PENILAIAN PROSES DISKUSI
No
|
Nama
Siswa
|
Kriteria
Penilaian
|
Jumlah
Skor
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
dst
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
Rentang skor : 1—3
1.
Aktivitas dalam
kelompok 2—15 =
Sangat baik
2.
Tanggung jawab individu 9—11 = Baik
3.
Pemikiran 6—8 = Cukup
4.
Keberanian berpendapat 3—5 = Kurang
5.
Keberanian tampil
4. Test
pilihan ganda dan uraian dalam buku halaman 27 – 30
Mengetahui,
Kepala SMAN 1 Bandar Baru
Syamsuddin, S.Pd
NIP: 19560907 198302 1 001
|
|
Luengputu, Agustus 2014
Guru Mapel Sosiologi
Junaidi, S.Sos
Nip. 19771231201003 1 003
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama sekolah : SMAN1 BANDAR BARU
Mata Pelajaran :
Sosiologi
Kelas/semester : X/ 1
Standar Kompetensi :
1. Memahami
perilaku keteraturan hidup sesuai dengan nilai dan norma yang berlaku
dalam masyarakat.
Kompetensi
Dasar : 1.2. Mendeskripiskan nilai dan norma yang berlaku dalam masyarakat
Indikator
Pencapaian Kompetensi:
·
Menjelaskan nilai dan norma.
·
Membedakan nilai dan norma.
·
Menjelaskan peran
nilai dan norma dalam masyarakat.
·
Mengklasifikasikan
kasus pelanggaran nilai dan norma yang berlaku dalam masyarakat.
Alokasi Waktu :
6 x 40 menit (2 X Pertemuan)
A.
Tujuan
Pembelajaran
Setelah proses pembelajaran, siswa
diharapkan dapat:
o
mendeskripsikan
pengertian nilai sosial.
o
mendeskrispsikan
ciri-ciri, fungsi, dan macam-macam nilai sosial
o
menjelaskan
pengertian norma sosial
o
menjelaskan
macam-macam norma sosial
o
mengidentifikasi
tingkatan norma dalam masyarakat.
Karakter siswa yang diharapkan :
§
Toleransi,
Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah Air,
Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif :
§
Kepemimpinan,
Percaya diri, Berorientasi Tugas dan Hasil, Jujur, Ulet.
B.
Materi
Pembelajaran
o
Hakikat Nilai dan Macam-Macam Nilai Sosial
o Hakikat
Norma, Tingkatan, dan Jenis-Jenis Norma dalam Masyarakat
C.
Metode
Pembelajaran
o
informasi
o
kerja mandiri
o
eksplorasi
o diskusi
Strategi
Pembelajaran
Tatap
Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
·
Mendeskripis-kan
nilai dan norma yang berlaku dalam masyarakat
|
·
Secara individu
menggali informasi tentang pengertian nilai dan norma sosial dalam kehidupan
masyarakat.
·
Secara individu
dapat membedakan antara nilai dan norma sosial dalam kehidupan masyarakat.
·
Secara kelompok
mendiskusikan tentang peran nilai dan norma sosial dalam kehidupan
masyarakat.
·
Secara kelompok
berdiskusi tentang kasus-kasus pelanggaran nilai dan norma yang berlaku dalam
masyarakat.
·
Merumuskan solusi
dalam penanganana pelanggaran nilai dan norma.
|
·
Siswa dapat Menjelaskan
nilai dan norma.
·
Siswa dapat
Membedakan nilai dan norma
·
Siswa dapat
Menjelaskan peran nilai dan norma dalam masyarakat.
·
Siswa dapat
Mengklasifikasikan kasus pelanggaran nilai dan norma yang berlaku dalam
masyarakat.
|
D.
Langkah-Langkah
Pembelajaran
1. Pertemuan I
No.
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Alokasi Waktu
|
Keterangan
|
1.
|
Pendahuluan
Apresepsi
Guru mempersiapkan kelas untuk
pembelajaran (absensi, memeriksa atau mengumpulkan tugas, kebersihan kelas
dan lain-lain)
Memotivasi
Guru memberi
pengantar tentang pokok bahasan baru yaitu nilai dan norma sosial. Untuk apa
nilai dan norma sosila dalam hidup bermasyarakat.
Guru menjelaskan tentang tentang tujuan pembelajaran
nilai dan norma sosial.
|
10 menit
|
|
2.
|
Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
Siswa mendengar penjelasan dari guru tentang nilai dan
macam-macam nilai sosial. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,
Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah
Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
Siswa dibagi dalam kelompok, lalu mendiskusikan
pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan dua gambar yang ada dalam buku
halaman 33. (nilai yang ditanamkan:
Toleransi,
Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah
Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Siswa membacakan hasil diskusinya di depan kelas, dan
guru membuat kesimpulan. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,
Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah
Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Siswa mengerjakan tugas ”Uji Penguasaan Materi” dalam
buku halaman 37. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,
Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah
Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Siswa dibagikan dalam beberapa kelompok. Kemudian siswa
diminta untuk mendiskusikan nilai-nilai yang dianut dalam masyarakat. Dan
nilai-nilai apa saja yang mempengaruhi dirinya. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,
Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah
Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Siswa membacakan hasil diskusinya di depan kelas. Guru
bertugas sebagai pemandu diskusi kelas. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,
Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah
Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Siswa dan guru membuat kesimpulan dari hasil diskusi. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,
Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah
Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, Siswa:
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Toleransi,
Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat,);
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Cinta
Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
|
60 menit
|
|
3.
|
Kegiatan Akhir
Refleksi
Siswa
mengerjakan tugas ”Uji Penguasaan Materi” dalam buku halaman 40. (nilai
yang ditanamkan: Toleransi, Demokratis, Rasa Ingin tahu,
Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social,
Tanggung Jawab.);
Penugasan
Guru memberi tugas kepada siswa
untuk menanyakkan norma-norma yang
berlaku dalam masyarakat. (nilai
yang ditanamkan: Toleransi, Demokratis, Rasa Ingin tahu,
Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social,
Tanggung Jawab.);
|
10 menit
|
|
2. Pertemuan II
No.
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Alokasi Waktu
|
Keterangan
|
1.
|
Pendahuluan
Apresepsi
Guru mempersiapkan kelas untuk
pembelajaran (absensi, memeriksa kebersihan kelas dan lain-lain)
Memotivasi
Guru
menjelaskan tentang norma-norma yang ada dalam masyarakat. Siswa menjawab pertanyaan
yang diajukan seputar peraturan-peraturan yang ada dalam masyarakat.
Rambu-rambu belajar
Siswa
mendengarkan tujuan mempelajari norma yang ada dalam masyarakat.
|
10 Menit
|
|
2.
|
Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang pengertian
norma, tingkatan dan macam-macam norma. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,
Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah
Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
Siswa menulis beberapa norma yang berlaku dalam
masyarakat. (nilai yang ditanamkan:
Toleransi,
Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah
Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Salah seorang siswa membacakan hasil pekerjaannya di
depan kelas. (nilai yang ditanamkan:
Toleransi,
Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah
Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Siswa
memperhatikan guru membuat bagan perbedaan antara norma-norma yang ada dalam
masyarakat. Kemudian siswa membuatnya sendiri. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,
Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah
Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Siswa dibagi dalam beberapa kelompok kemudian
mendiskusian pertanyaan berdasarkan kasus yang ada dalam buku halaman 46. (nilai
yang ditanamkan: Toleransi, Demokratis, Rasa Ingin tahu,
Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social,
Tanggung Jawab.);
Siswa membacakan hasil diskusinya di depan kelas dan
guru menjadi pemandu jalannya diskusi. (nilai
yang ditanamkan: Toleransi, Demokratis, Rasa Ingin tahu,
Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social,
Tanggung Jawab.);
Siswa mengumpulkan hasil diskusinya untuk dinilai. (nilai
yang ditanamkan: Toleransi, Demokratis, Rasa Ingin tahu,
Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social,
Tanggung Jawab.);
Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, Siswa:
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Toleransi,
Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat,);
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Cinta
Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
|
60 Menit
|
|
3.
|
Kegiatan Akhir
Refleksi
Siswa dan
guru membuat rangkuman bersama tentang pengertian norma dan macam-macam norma
dalam masyarakat. (nilai yang
ditanamkan: Toleransi, Demokratis, Rasa Ingin tahu,
Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social,
Tanggung Jawab.);
Penugasan
Guru memberi tugas untuk
mempelajari materi yang sudah diajarkan untuk mempersiapkan ulangan
blok. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,
Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah
Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
|
10 menit
|
|
3.
Pertemuan III.
No.
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Alokasi Waktu
|
ket
|
1.
|
Pendahuluan
Apresepsi
Guru mempersiapkan kelas untuk
mengikuti ulangan blok. Menanyakan kesiapan siswa untuk mengikuti ulangan
blok
Memotivasi
Guru
mengajak siswa untuk mengingat pelajaran yang sudah dipelajari terutama
tentang nilai dan norma yang berlaku dalam masyarakat.
|
5 Menit
|
|
2.
|
Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
Siswa dibagikan soal-soal yang sudah disiapkan oleh
guru. Bentuk soal-soalny adalah pilihan ganda dan uraian serta skala sikap. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,
Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah
Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
Siswa mengerjakan soal-soal yang telah dibagikan (nilai yang ditanamkan: Toleransi,
Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah
Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Siswa mengumpulkan hasil pekerjaannya kepada guru. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,
Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah
Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, Siswa:
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Toleransi,
Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat,);
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Cinta
Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
|
60 Menit
|
|
3.
|
Kegiatan Akhir
Refleksi
Siswa dan
guru menjawab bersama soal-soal yang sudah dikerjakan. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,
Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah
Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Penilaian
Guru memberi
penilaian terhadap hasil pekerjaan siswa dalam ulangan blok (nilai yang ditanamkan: Toleransi,
Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah
Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Penugasan
Guru memberi tugas untuk
mempelajari materi yang akan dibahas pada pertemuan yang berikut. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,
Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah
Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
|
15 Menit
|
|
E.
Sumber pembelajaran:
o
Buku Sosiologi SMA
kelas 1 ESIS halaman 32-52
o
Masalah-masalah
sosial
o Media
massa seperti majalah, koran, dan buku-buku tambahan.
F.
Media
o
Papan tulis
o
Lembar soal
o
Transparan Konsep
o
Power Point
o OHP
G.
Penilaian
o
Mengerjakan latihan
Uji Penguasaan Materi halaman 10, 12, dan
16.
o
Mengidentifikasi
masalah sosial halaman 25.
o Diskusi kelompok dalam buku halaman 25-26.
Berikut ini format
penilaian diskusi kelompok.
No.
|
Nama
|
ASPEK PENILAIAN
|
Total
nilai
|
Presentasi
|
||||
Sikap
|
Keaktifan
|
Wawasan
|
Kemampuan
mengemukakan pendapat
|
Kerja sama
|
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan: nilai
maksimal 20
LEMBAR OBSERVASI DISKUSI KELOMPOK
No
|
Nama
Siswa
|
Aspek
yang Dinilai
|
Skor/
Jumlah
|
|||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Aspek yang dinilai:
o
Kemampuan menyampaikan pendapat.
o
Kemampuan memberikan
argumentasi.
o
Kemampuan memberikan
kritik.
o Kemampuan mengajukan pertanyaan.
o
Kemampuan menggunakan
bahasa yang baik.
o
Kelancaran berbicara.
Penskoran: Jumlah skor:
A. Tidak Baik Skor 1 24—30 = Sangat Baik
B. Kurang Baik Skor
2 18—23 = Baik
C. Cukup Baik Skor 3 12—17 = Cukup
E. Sangat Baik Skor 5
FORMAT PENILAIAN PROSES DISKUSI
No
|
Nama
Siswa
|
Kriteria
Penilaian
|
Jumlah
Skor
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
dst
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
Rentang skor : 1—3
o
Aktivitas dalam
kelompok 2—15 =
Sangat baik
o
Tanggung jawab
individu 9—11 = Baik
o
Pemikiran 6—8 = Cukup
o
Keberanian
berpendapat 3—5 = Kurang
o Keberanian
tampil
1. Test
pilihan ganda dan uraian dalam buku halaman 49-52
Mengetahui,
Kepala SMAN 1 Bandar Baru
Syamsuddin, S.Pd
NIP: 19560907 198302 1 001
|
|
Luengputu, Agustus 2014
Guru Mapel Sosiologi
Junaidi, S.Sos
Nip. 19771231201003 1 003
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama sekolah : SMAN1 BANDAR BARU
Mata Pelajaran :
Sosiologi
Kelas/semester : X/ 1
Standar Kompetensi :
1. Memahami
perilaku keteraturan hidup sesuai dengan nilai dan norma yang berlaku dalam masyarakat.
Kompetensi
Dasar : 1.3. Mendeskripsikan
proses interaksi sosial sebagai dasar pengembangan pola ketaraturan dan dinamika
kehidupan sosial
Indikator
Pencapaian Kompetensi:
·
Mendefinisikan interaksi sosial dan
dinamika sosial
·
Menjelaskan faktor
yang mendorong terjadinya interaksi sosial dan dinamika sosial
·
Menjelaskan hubungan antara interaksi
sosial dan ketaraturan sosial.
Alokasi Waktu :
8 x 40 menit (4 X Pertemuan)
A.
Tujuan
Pembelajaran
Setelah proses pembelajaran, siswa
diharapkan dapat:
o
mendeskripsikan pengertian
interaksi sosial
o
mendeskripsikan
faktor-faktor yang mendorong interaksi sosial
o
mengidentifikasi
bentuk-bentuk interaksi yang mendorong terciptanya lembaga, kelompok, dan
organisasi sosial..
Karakter siswa yang diharapkan :
§
Toleransi,
Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah Air,
Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif :
§
Kepemimpinan,
Percaya diri, Berorientasi Tugas dan Hasil, Jujur, Ulet.
B.
Materi
Pembelajaran
o
Hakikat Interaksi
Sosial
o
Faktor-Faktor
Pendorong Interaksi Sosial
o
Status, Peranan, dan
Hubungan Individu dalam Interaksi Sosial
o Bentuk-Bentuk
Interaksi Sosial
C.
Metode
Pembelajaran
o
informasi
o
kerja mandiri
o
eksplorasi
o diskusi
Strategi
Pembelajaran
Tatap
Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
·
Mendeskripsikan
proses interaksi sosial sebagai dasar pengembangan pola ketaraturan dan
dinamika kehidupan sosial.
|
·
Menyimpulkan temuan
pustaka tentang interaksi sosial dan dinamika sosial
·
Secara kelompok
mendiskusikan kartu kasus yang sudah disiapkan guru.
·
Secara klasikal
merumuskan faktor-faktor yang mendorong terjadinya interaksi sosial dan
dinamika sosial.
|
·
Siswa dapat Mendefinisikan
interaksi sosial dan dinamika sosial
·
Siswa dapat
Menjelaskan faktor yang mendorong terjadinya interaksi sosial dan dinamika
sosial
·
Siswa dapat
Menjelaskan hubungan antara interaksi sosial dan ketaraturan sosial.
|
D.
Langkah-Langkah
Pembelajaran
1.
Pertemuan
I
No.
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Alokasi Waktu
|
ket
|
1.
|
Pendahuluan
Apresepsi
Guru mempersiapkan kelas untuk
pembelajaran (mengabsen, mengumpulkan tugas, dan memeriksa kebersihan kelas)
Memotivasi
Guru
menjelaskan materi tentang interaksi sosial dalam masyarakat.
Rambu-rambu belajar
Guru
menjelaskan kompetensi yang akan dicapai oleh siswa dalam pembelajaran
tersebut.
|
10 Menit
|
|
2.
|
Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
Siswa menulis pengalaman berinteraksi dengan orang lain
atau menceritakan pengalaman berinteraksi sosial dengan teman sebangku. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,
Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah
Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Guru menjelaskan hakikat interaksi sosial dan
faktor-faktor pendorong interaksi sosial. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,
Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah
Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
Siswa mengerjakan tugas ”Uji Penguasaan Materi” pada
buku halaman 61 dan 68. (nilai yang
ditanamkan: Toleransi, Demokratis, Rasa Ingin tahu,
Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social,
Tanggung Jawab.);
Siswa mengumpulkan tugasnya untuk dinilai oleh guru. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,
Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah
Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Siswa mendiskusikan bentuk-bentuk dan faktor-faktor
yang mendorong terjadinya interaksi sosial. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,
Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah
Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Siswa membacakan hasil diskusinya di depan kelas. Siswa
yang lain bisa menanggapi hasil diskusi kelompok. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,
Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah
Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Guru membuat kesimpulan tentang hasil diskusi kelompok.
(nilai yang ditanamkan: Toleransi,
Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah
Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, Siswa:
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Toleransi,
Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat,);
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Cinta
Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
|
60 Menit
|
|
3.
|
Kegiatan Akhir
Refleksi
Siswa dan
guru membuat rangkuman tentang haikat interaksi dan faktor-faktor pendorong
interaksi sosial dalam masyarakat. Siswa mencatat beberapa hal yang penting.(nilai yang ditanamkan: Toleransi,
Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah
Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Penugasan
Guru memberi tugas kepada siswa untuk membaca
materi yang akan dipelajari pada pertemuan yang berikut. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,
Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah
Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
|
10 Menit
|
|
2.
Pertemuan II
No.
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Alokasi Waktu
|
Keterangan
|
1.
|
Pendahuluan
Apresepsi
Guru mempersiapkan kelas untuk
pembelajaran (mengabsen dan memeriksa kebersihan kelas).Guru mempersiapkan
kondisi fisik dan mental siswa untuk mengikuti pelajaran.
Memotivasi
Guru
menjelaskan pentingya status, peranan, dan hubungan individu dalam interaksi
sosial.
|
10 Menit
|
|
2.
|
Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
Siswa mendengar penjelasan guru tentang pengertian
status dan peranan individu dalam interaksi sosial dan mengukur hubungan
individu dalam interaksi sosial. (nilai
yang ditanamkan: Toleransi, Demokratis, Rasa Ingin tahu,
Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social,
Tanggung Jawab.);
Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
Siswa megerjakan tugas yang ada pada uji penguasaan
materi dalam buku halaman 73. (nilai
yang ditanamkan: Toleransi, Demokratis, Rasa Ingin tahu,
Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social,
Tanggung Jawab.);
Siswa mengumpulkan hasil pekerjaannya kepada guru untuk
dinilai. (nilai yang ditanamkan:
Toleransi,
Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah
Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Siswa mendiskusikan kasus yang ada dalam buku halaman
73. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,
Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah
Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Siswa membacakan hasil diskusinya di depan kelas. Guru bertugas
sebagai pemandu diskusi secara klasikal. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,
Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah
Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Guru membuat kesimpulan berdasarkan hasil diskusi
siswa. (nilai yang ditanamkan:
Toleransi,
Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah
Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, Siswa:
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Toleransi,
Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat,);
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Cinta
Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
|
60 Menit
|
|
3.
|
Kegiatan Akhir
Refleksi
Siswa dan
guru membuat rangkuman tentang status, peranan, dan hubungan individu dalam
interaksi sosial. (nilai yang
ditanamkan: Toleransi, Demokratis, Rasa Ingin tahu,
Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social,
Tanggung Jawab.);
Penilaian
Guru memberi
penilaian terhadap pekerjaan siswa secara mandiri, dan hasil diskusi
kelompok. (nilai yang ditanamkan:
Toleransi,
Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah
Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Penugasan
Guru memberi tugas kepada siswa
untuk mempersiapkan materi yang akan dibahas pada pertemuan berikutnya. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,
Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah
Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
|
10 menit
|
|
3.
Pertemuan
III.
No.
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Alokasi Waktu
|
ket
|
1.
|
Pendahuluan
Apresepsi
Guru mempersiapkan kelas untuk
pembelajaran (mengabsen dan memeriksa kebersihan kelas).
Memotivasi
Guru
menjelaskan betapa pentingnya bentuk-bentuk interaksi sosial dalam
keteraturan sosial.
|
10 menit
|
|
2.
|
Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang
bentuk-bentuk interaksi sosial: hubungan ketaraturan sosial dan interaksi
sosial, dan bentuk-bentuk interaksi sosial. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,
Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah
Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Siswa secara sendiri-sendiri mencari bahan tentang
bentuk interaksi sosial dari sumber lain. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,
Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah
Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
Siswa mengerjakan soal yang ada dalam uji penguasaan
materi. (nilai yang ditanamkan:
Toleransi,
Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah
Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Siswa mendiskusikan kasus yang ada dalam buku halaman
82. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,
Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah
Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Siswa membacakan hasil diskusinya di depan kelas. Guru
memandu diskusi secara klasikal. (nilai
yang ditanamkan: Toleransi, Demokratis, Rasa Ingin tahu,
Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social,
Tanggung Jawab.);
Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, Siswa:
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Toleransi,
Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat,);
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Cinta
Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
|
60 Menit
|
|
3.
|
Kegiatan Akhir
Refleksi
Siswa dan
guru membuat rangkuman tentang bentuk-bentuk interaksi sosial. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,
Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah
Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Penilaian
Guru memberi
penilaian terhadap pekerjaan siswa secara mandiri, dan hasil diskusi
kelompok. (nilai yang ditanamkan:
Toleransi,
Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah
Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Penugasan
Guru memberi tugas kepada siswa
untuk mempersiapkan diri untuk ulangan blok. (nilai
yang ditanamkan: Toleransi, Demokratis, Rasa Ingin tahu,
Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social,
Tanggung Jawab.);
|
10 Menit
|
|
4.
Pertemuan IV
No.
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Alokasi Waktu
|
Keterangan
|
1.
|
Pendahuluan
a.
Apresepsi
Guru mempersiapkan kelas untuk
ulangan blok.
b.
Memotivasi
Guru
menjelaskan tujuan ulangan blok.
|
5 Menit
|
|
2.
|
Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
Guru membagikan soal yang telah disiapkan oleh guru. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,
Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah
Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
Siswa mengerjakan soal yang telah dibagikan oleh guru. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,
Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah
Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Siswa mengumpulkan pekerjaannya kepada guru untuk
dinilai. (nilai yang ditanamkan:
Toleransi,
Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah
Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, Siswa:
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Toleransi,
Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat,);
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Cinta
Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
|
65 Menit
|
|
3.
|
Kegiatan Akhir
Refleksi
Siswa dan
guru membahas bersama soal-soal yang telah dikerjakan. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,
Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah Air,
Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Penilaian
Guru memberi
penilaian terhadap ulangan blok siswa (nilai
yang ditanamkan: Toleransi, Demokratis, Rasa Ingin tahu,
Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social,
Tanggung Jawab.);
Penugasan
Guru memberi tugas kepada siswa
untuk mengulangi materi yang telah menjadi bahan ulangan blok. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,
Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah
Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
|
|
|
E.
Sumber pembelajaran:
o
Buku Sosiologi SMA
kelas 1 ESIS halaman 54 - 86
o
Masalah-masalah
sosial
o Media
massa seperti majalah, koran, dan buku-buku tambahan.
F.
Media
o
Papan tulis
o
Lembar soal
o
Transparan Konsep
o
Power Point
o
OHP
G.
Penilaian
o
Mengerjakan latihan
Uji Penguasaan Materi halaman 61, 68, 73.
o
Melakukan pengamatan
terhadap interaksi sosial dalam masyarakat dalam buku halaman 82
o
Test pilihan ganda
dan uraian dalam buku halaman 84-86
o Penilaian hasil diskusi
Berikut ini format
penilaian diskusi kelompok.
No.
|
Nama
|
ASPEK
PENILAIAN
|
Total
nilai
|
Presentasi
|
||||
Sikap
|
Keaktifan
|
Wawasan
|
Kemampuan
mengemukakan pendapat
|
Kerja sama
|
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan: nilai maksimal 20
LEMBAR OBSERVASI DISKUSI KELOMPOK
No
|
Nama
Siswa
|
Aspek
yang Dinilai
|
Skor/
Jumlah
|
|||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Aspek yang dinilai:
o
Kemampuan
menyampaikan pendapat.
o
Kemampuan memberikan
argumentasi.
o
Kemampuan memberikan
kritik.
o
Kemampuan mengajukan
pertanyaan.
o
Kemampuan menggunakan
bahasa yang baik.
o
Kelancaran berbicara.
Penskoran: Jumlah skor:
A. Tidak Baik Skor 1 24—30 =
Sangat Baik
B. Kurang Baik Skor
2 18—23 = Baik
C. Cukup Baik Skor 3 12—17 =
Cukup
D. Baik Skor
4 6—11 =
Kurang
E. Sangat Baik Skor
5
FORMAT PENILAIAN PROSES DISKUSI
No
|
Nama
Siswa
|
Kriteria
Penilaian
|
Jumlah
Skor
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
dst
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
Rentang skor : 1—3
o
Aktivitas dalam
kelompok 2—15 =
Sangat baik
o
Tanggung jawab
individu 9—11 = Baik
o
Pemikiran 6—8 = Cukup
o
Keberanian
berpendapat 3—5 = Kurang
o Keberanian
tampil
Mengetahui,
Kepala SMAN 1 Bandar Baru
Syamsuddin, S.Pd
NIP: 19560907 198302 1 001
|
|
Luengputu, Agustus 2014
Guru Mapel Sosiologi
Junaidi, S.Sos
Nip. 19771231201003 1 003
|
|
|
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama sekolah : SMAN1 BANDAR BARU
Mata Pelajaran :
Sosiologi
Kelas/semester : X/ 2
Standar Kompetensi :
2 . Menerapkan
nilai dan norma dalam proses pengembangan kepribadian.
Kompetensi
Dasar : 2.1. Menjelaskan
sosialisasi sebagai proses dalam pembentukan kepribadian.
Indikator
Pencapaian Kompetensi :
1.
Mendefenisikan sosialisasi dan pembentukan
kepribadian
2.
Mendeskripsikan peran nilai dasn norma
daslam sosialisasi
3.
Menjelaskan tahapan perkembangan diri
manusia.
4.
Menjelaskan faktor-faktor yang berpengaruh
terhadap pembentukan kepribadian.
5.
Menjelaskan hubungan antara pembentukan
kepribadian dengan kebudayaan.
6.
Menjelaskan agen-agen yang berperan dalam
sosialisasi.
7.
Mendeskripsikan hubungan sosialisasi
dengan kepribadian
Alokasi Waktu :
4 x 40 menit ( 4 x Pertemuan)
A.
Tujuan
Pembelajaran
Setelah proses pembelajaran, siswa
diharapkan dapat:
o
mendeskripsikan
hakikat sosialisasi.
o
mendeskripsikan peran
nilai dan norma sosial dalam proses sosialisasi
o
mengidentifikasi faktor-faktor
pembentukan kepribadian
o
membuat tulisan
berdasarkan data sekunder atau primer tentang hubungan pembententukan
kepribadian dengan kebudayaan.
Karakter siswa yang diharapkan :
§
Toleransi,
Disiplin, Demokratis,
Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah Air, Cinta Damai,
Peduli social, Tanggung Jawab.
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif :
§
Kepemimpinan,
Percaya diri, Berorientasi Tugas dan Hasil, Jujur, Ulet.
B.
Materi
Pembelajaran
o
Hakikat Sosialiassi
o
Proses Sosialisasi dan
Pembentukan Kepribadian
o Agen, bentuk, tipe, dan pola sosialisasi
C.
Metode
Pembelajaran
o
informasi
o
kerja mandiri
o
eksplorasi
o diskusi
Komentar
Posting Komentar