Model KTSP Sekolah Dasar (SD)


BAB I PENDAHULUAN

A.  Latar Belakang
Peralihan  sistim  pemerintahan  dari  sentralisasi  ke  desentralisasi  telah  menjadikan perubahan   paradigma   berbagai   unsur   penyelenggaraan   pemerintahan,   termasuk pendidikan.   Hal   ini   telah mendorong   adanya   perubahan   dari   berbagai   aspek pendidikan  termasuk  kurikulum.  Dalam  kaitan  ini  kurikulum  sekolah  dasar  pun menjadi  perhatian  dan  pemikiran-pemikiran  baru  sehingga  mengalami  perubahan- perubahan kebijakan.

Kurikulum  adalah  seperangkat  rencana  dan  pengaturan  mengenai  tujuan,  isi,  dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran   untuk   mencapai   tujuan   pendidikan   tertentu.   Berdasarkan   Undang- Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 36 Ayat (2) ditegaskan bahwa kurikulum pada semua jenjang dan jenis pendidikan dikembangkan dengan  prinsip  diversifikasi  sesuai  dengan  satuan  pendidikan,  potensi  daerah,  dan peserta didik. Atas dasar pemikiran itu maka  dikembangkanlah  apa  yang  dinamakan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan.


Kurikulum  Tingkat  Satuan  Pendidikan  (KTSP)  adalah  kurikulum  operasional  yang disusun  dan  dilaksanakan  oleh  masing-masing  satuan  pendidikan.  Dengan  demikian guru  diharapkan  menjadi  lebih  mengenal  dengan  baik  dan  lebih  merasa  memiliki kurikulum   tersebut.   Penyempurnaan   kurikulum   yang   berkelanjutan   merupakan keharusan agar kurikulum selalu sesuai dengan tuntutan kebutuhan.


Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) diharapkan mencakup sikap, pengetahuan  dan  keterampilan  yang  pada  jenjang  pendidikan  dasar  bertujuan  untuk meletakkan dasar kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia,   serta keterampilan  untuk  hidup  mandiri  dan  mengikuti  pendidikan  lebih  lanjut.  KTSP dengan demikian merupakan acuan bagi perwujudan sekolah yang efektif, produktif, dan berprestasi.


Kurikulum  Tingkat  Satuan  Pendidikan  SDN 1 Keumala  Kecamatan Keumala dikembangkan  sebagai  perwujudan  dari  kurikulum  pendidikan  dasar  dan  menengah. Kurikulum  ini  disusun  oleh  satu  tim  penyusun  yang  terdiri  atas  unsur  sekolah  dan komite   sekolah   di   bawah   koordinasi   dan   supervisi   Kepala   Dinas   Pendidikan Kabupaten Pidie serta dengan bimbingan nara sumber dari Tim Bimbingan Teknis Pengembangan  KTSP  Pendidikan  Dasar,  Pusat  Kurikulum,  Balitbang  Depdiknas, Jakarta.

KTSP ini merupakan sebuah dokumen yang akan diimplementasikan  sebagai panduan proses  pembelajaran,  baik  di  kelas  maupun  di  luar  kelas.  Pembelajaran   hendaknya berlangsung  secara  efektif  dan  efisien  yang mampu  membangkitkan  aktivitas  dan kreativitas  peserta  didik.  Dalam  hal  ini  para  pelaksana  kurikulum  dituntut  untuk melaksanakannya  sesuai  dengan  karakteristik  daerah  Kabupaten  Pidie sebagai daerah  Agraria  Para  pendidik  juga  hendaknya  mampu  menciptakan pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan bagi peserta didik.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Skenario Pembelajaran Supervisi

Fungsi dan Langkah-Langkah Program Remedial