Contoh KOMUNIKASI INTERPERSONALKONSELING KIP

Contoh KOMUNIKASI INTERPERSONALKONSELING KIP


PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Masalah

Konseling merupakan proses pemberian informasi obyektif dan lengkap, dilakukan secara sistematik dengan panduan komunikasi interpersonal, teknik bimbingan dan penguasaan pengetahuan klinik yang bertujuan untuk membantu seseorang mengenali kondisinya saat ini, masalah yang sedang dihadapi, dan menentukan jalan keluar atau upaya mengatasi masalah tersebut.

Proses komunikasi adalah bagaimana komunikator menyampaikan pesan kepada komunikannya, sehingga dapat dapat menciptakan suatu persamaan makna antara komunikan dengan komunikatornya. Proses komunikasi ini bertujuan untuk menciptakan komunikasi yag efektif (sesuai dengan tujuan komunikasi pada umumnya).Proses komunikasi, banyak melalui perkembangan.

Pelayanan konseling kelompok adalah salah satu kegiatan layanan yang paling banyak dipakai karena lebih efektif. Banyak orang yang mendapatkan layanan sekaligus dalam satu waktu. Layanan ini juga sesuai dengan teori belajar karena mengandung aspek social yaitu belajar bersama. Peserta layanan akan berbagi ide dan saling mempengaruhi untuk berkembang menjadi manusia seutuhnya.

Layanan Konseling kelompok ada 2 macam yaitu konseling dan bimbingan kelompok. Yang sangat menentukan keefektifan layanan kelompok adalah suasana kelompok yang: Masalah dalam konseling kelompok biasanya membahas masalah-masalah umum bagi peserta layanan. Jika suasana kelompok belum tercipta maka sulit bagi peserta layanan untuk mengungkapkan masalah pribadinya sehingga konseling kelompok agak sulit pelaksanaannya

1.2 Rumusan Masalah

Dari latar belakang masalah di atas, maka yang menjadi rumusan masalah pada penulisan makalah ini adalah sebagai berikut :

1. Jelaskan layanan komunikasi interpersonal konseling(KIP/K)

2. Jelaskan kompetensi dalam melakukan percakapan dan pengaruh pemahaman diri terhadap proses KIP/K

1.3 Tujuan Penulisan

Dari rumusan masalah di atas, maka yang menjadi tujuan penulisan pada makalah ini adalah sebagai berikut:

1. Untuk mengetahui layanan komunikasi interpersonal konseling(KIP/K)

2. Untuk mengetahui kompetensi dalam melakukan percakapan dan pengaruh pemahaman diri terhadap proses KIP/K

Komentar

Postingan populer dari blog ini

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN Sosiologi Kelas/semester: X/ 1

PENINGKATAN PEMAHAMAN SIFAT BENDA ISOLATOR DAN KONDUKTOR MELALUI METODE PERCOBAAN PADA SISWA KELAS VI SD