Rencana pelaksanaan pembelajaran RPP IPS Kelas VII 2017

Rencana pelaksanaan pembelajaran

Satuan pendidikan      : MTsS Keumala
Kelas/semester           : VII/1
Pelajaran                     : IPS

1. Kompetensi Inti (KI)
K.I. 1.   Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
K.I. 2.   Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri,
dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
K.I. 3.   Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural)
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak
mata.
K.I. 4.   Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret
(menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan
membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di
sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

2. Kompetensi Dasar (KD)
KD 3.1 Memahami konsep ruang (lokasi, distribusi, potensi, iklim,
bentuk muka bumi, geologis, flora, dan fauna) dan interaksi
antarruang di Indonesia serta pengaruhnya terhadap kehidupan
manusia dalam aspek ekonomi, sosial, budaya, dan pendidikan.
KD 4.1. Menjelaskan konsep ruang (lokasi, distribusi, potensi, iklim,
bentuk muka bumi, geologis, flora dan fauna) dan interaksi
antarruang di Indonesia serta pengaruhnya terhadap kehidupan
manusia Indonesia dalam aspek ekonomi, sosial, budaya, dan
pendidikan.

3.  Tujuan Pembelajaran

Setelah kegiatan pembelajaran dilaksanakan, peserta didik diharapkan
dapat:
       1. menjelaskan pengertian konsep ruang;
2. menjelaskan pengertian interaksi antarruang;
3. menyebutkan contoh interaksi keruangan antar wilayah di Indonesia;
4. menyebutkan contoh interaksi keruangan yang terjadi di wilayahnya;
5. menjelaskan kondisi saling bergantung yang diperlukan untuk
           terjadinya interaksi antarruang;
       6. menyebutkan contoh kondisi saling bergantung yang diperlukan untuk
           terjadinya interaksi antarruang;
       7. menunjukkan unsur-unsur atau komponen peta;
8. menyebutkan letak Indonesia secara astronomis;
9.   menyebutkan letak Indonesia secara geografis;
10. menjelaskan implikasi letak Indonesia terhadap aspek ekonomi;
11. menjelaskan implikasi letak Indonesia secara sosial dan budaya;
12. menjelaskan implikasi letak Indonesia secara geologis;
13. menjelaskan potensi sumber daya alam berupa hutan di Indonesia;
14. menjelaskan potensi sumber daya alam berupa sumber daya tambang;
15. menjelaskan potensi sumber daya perikanan laut Indonesia;
16. menjelaskan potensi sumber daya hutan mangrove di Indonesia;
17. menjelaskan potensi sumber daya terumbu karang di Indonesia;
18. membandingkan jumlah penduduk Indonesia diantara penduduk
       negara lainnya di dunia;
19. menjelaskan pola sebaran penduduk Indonesia;
20. menjelaskan komposisi penduduk Indonesia menurut usia;
21. menjelaskan komposisi penduduk Indonesia menurut jenis kelamin;
22. menjelaskan perkembangan angka pertumbuhan penduduk Indonesia;
23. menjelaskan kualitas penduduk Indonesia;
24. menunjukkan keragaman rumah adat di Indonesia;
25. menunjukkan keragaman pakaian adat di Indonesia;
26. menunjukkan keragaman tarian di Indonesia;
27. menjelaskan kondisi geologi Indonesia;
28. menjelaskan kondisi bentuk muka bumi Indonesia;
29. menjelaskan kondisi iklim di Indonesia;
30. menjelaskan keragaman flora di Indonesia;
31. menjelaskan keragaman fauna di Indonesia; dan
       menjelaskan bentuk-bentuk perubahan akibat interaksi antarruang.

4. Proses pembelajaran

       a. Materi Pembelajaran
Pengertian Ruang dan Interaksi Antarruang
       b. Pendekatan dan Model Pembelajaran
1) Pendekatan : Saintifik
2) Model Pembelajaran : Discovery learning, Problem Based
     Learning (PBL)
       c. Media dan Sumber Belajar
1) Media
     a) Gambar yang menunjukkan bentuk-bentuk interaksi
                      antarruang
    b) LCD Proyektor dan Komputer serta tayangan slide Power
                      point (ppt) yang telah disiapkan
       d.  Sumber Belajar : Buku Siswa IPS kelas VII, Buku IPS lain yang
relevan, internet, narasumber, lingkungan sekitar, dan sumber
 yang relevan      




5.  Langkah-Langkah Pembelajaran

a. Pendahuluan
1) Peserta didik bersama guru menyampaikan salam dan berdoa.
2) Peserta didik bersama guru mengondisikan kelas.
3) Guru memberi motivasi kepada peserta didik.
4) Guru menanyakan tentang materi pembelajaran berkaitan dengan
interaksi antarruang, misalnya sarapan dengan apa hari ini? Makanan
tersebut dibuat dari bahan apa? Apakah bahan tersebut dihasilkan dari
daerah kamu? Dan lain-lain.

Pertemuan Pertama
1. Peserta didik menerima informasi tentang topik dan tujuan
pembelajaran dari guru.
b. Kegiatan Inti
1). Mengamati
a)         Peserta didik mengamati gambar tentang bentuk-bentuk interaksi
antarruang, misalnya orang sedang pergi berbelanja ke kota, kendaraan
pengangkut sayuran, kapal pembawa bahan tambang dan lain-lain.
b)         Berdasarkan hasil pengamatan terhadap gambar, peserta didik beserta
teman satu meja diminta untuk mendiskusikan tentang hal-hal yang
ingin diketahui.
c)         Peserta didik diajak untuk menyeleksi apakah hal-hal yang ingin
diketahui telah sesuai dengan tujuan pembelajaran.
D          Guru menuliskan hal-hal yang ingin diketahui peserta didik di depan
kelas.
e)         Apabila hal-hal yang ingin diketahui dari hasil pengamatan yang
telah dituangkan, belum semuanya mencakup tujuan pembelajaran,
maka guru dapat menambahkan hal-hal yang terkait dengan tujuan
pembelajaran.

2). Menanya
a)         Peserta didik diminta membentuk kelompok dengan anggota 4 - 5
siswa.
b)         Peserta didik mendiskusikan dalam kelompok untuk merumuskan
pertanyaan berdasarkan hal-hal yang ingin diketahui dari hasil
pengamatan, Contoh: Apa yang dimaksud dengan ruang? Mengapa
terjadi perbedaan karakteristik antarruang? Mengapa terjadi interaksi
antarruang? Seperti apa bentuk interaksi antarruang di Indonesia?
c)         Salah satu di antara peserta didik dari wakil kelompok diminta
menuliskan rumusan pertanyaan di papan tulis.
d)         Peserta didik mendiskusikan dengan kelompok untuk menjawab

pertanyaan sesuai dengan apa yang diketahui.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN Sosiologi Kelas/semester: X/ 1

PENINGKATAN PEMAHAMAN SIFAT BENDA ISOLATOR DAN KONDUKTOR MELALUI METODE PERCOBAAN PADA SISWA KELAS VI SD